Perpustakaan Untag Surabaya Meningkatkan Kualitas Sarana dan Prasarana


Jumat, 04 Maret 2016 - 10:58:23 WIB
Diposting oleh : Admin Perpus
Dibaca: 445 kali


Perpustakaan Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya selalu berupaya meningkatkan kualitas pelayanan yang nyaman dan ramah dengan cara melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh mahasiswa. Upaya tersebut diharapkan mampu menarik minat membaca mahasiswa.

Bambang Agustono, SH.,MH mengatakan perpustakaan sesungguhnya mempunyai peranan penting bagi terciptanya budaya membaca bagi mahasiswa. Perpustakaan merupakan jembatan menuju penguasaan ilmu pengetahuan dan dapat memberikan kontribusi penting bagi terbukanya akses informasi. “ Serta menyediakan data yang akurat bagi proses pengambilan sumber-sumber referensi bagi pengembangkan ilmu pengetahuan,” kata Bambang.

Perpustakaan kampus hendaknya didesain sedemikian rupa agar mahasiswa dan civitas akademika lebih betah berada di sana. Perpustakaan harus mampu memenuhi kebutuhan mahasiswa yang haus akan ilmu pengetahuan. “ Kita terus berupaya melengkapi sarana dan prasarana yang mahasiswa butuhkan,” imbuh alumni Magister Ilmu Hukum Untag Surabaya itu.

Adanya fasilitas dan jaringan internet atau wi-fi, memperbanyak ruang diskusi, dan memperbaiki ruang bacaan. Jika hal ini dapat diwujudkan, tentu akan menarik perhatian mahasiswa berkunjung ke perpustakaan. “ Kapasitas Wifi sudah kita tambah dan ternyata mampu menarik minat mahasiswa ke perpustakaan dan kita berencana membeli tas plastik untuk laptop sebanyak 50 dulu tahap pertama,” jelasnya.

Pelayanan yang baik, lanjut Bambang, seperti ramah, dan bersahabat sangat penting mengingat para pengunjung adalah mahasiswa yang berpendidikan. “ Petugas di front office harus senyum dan sigap melayani mahasiswa yang berkunjung,” ucapnya.

Tersedianya koleksi buku yang memadai merupakan komponen yang penting juga bagi perpustakaan. Koleksi yang harus dimiliki oleh perpustakaan minimal adalah buku wajib bagi setiap mata kuliah yang diajarkan dan jumlahnya harus memadai. “ Jika penyesuian kurikulum dengan fakultas di Untag Surabaya sudah selesai maka koleksi buku akan kita tambah sesuai kebutuhan dan tren kunjungan mahasiswa tahun lalu hanya 200 per hari sekarang menjadi 700 perhari,” ujar Bambang di perpustakaan, Rabu (27/5/2015).

“ Kita sudah lobi dengan perpustakaan nasional untuk bekerjasama. Bulan Agustus kita berencana ke UPN Jogyakarta untuk studi banding, karena sekarang ini semua menggunakan teknologi informasi,” tegas Bambang.

Adapun jam pelayanan perpustakaan yaitu hari Senin-Kamis pukul 08.00-21.00 WIB, Jumat pukul 08.00-21.00 WIB (istirahat sholat pukul 11.30-13.00 WIB buka kembali pukul 13.10-21.00 WIB), dan libur semester pukul 08.00-14.00 WIB.




Sumber Berita: warta17agustus.com


http://warta17agustus.com/berita-perpustakaan-untag-surabaya-meningkatkan-kualitas-sarana-dan-prasarana.html#ixzz41u2t38r5