Studi Banding Badan Perpustakaan bersama Pengurus FPPTI Jawa timur ke Singapura


Rabu, 05 Desember 2018 - 11:21:20 WIB
Diposting oleh : Admin Perpus
Dibaca: 80 kali


FPPTI (Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi)Jawa Timur menyelenggarakan acara Benchmarking di Singapura,  pada tanggal 18-21 Nopember 2018

Badan Perpustakaan Untag Surabaya ditunjuk sebagai salah satu peserta dalam hal ini diwakili oleh Kepala Badan Perpustakaan Bambang Agustono, S.H., M.H. untuk mengikuti kegiatan terebut dengan tema "Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Desain Perpustakaan Perguruan Tinggi Terkini". Adapun perpustakaan yang dituju pada acara studi banding itu adalah National Library Board of Singapura, Singapore Management University Libraries dan Nanyang Technological University Library of Singapore.

Perkembangan perpustakaan yang begitu pesat di era teknologi informasi merubah paradigma perpustakaan,dari  perpustakaan konvensional menjadi perpustakaan modern yang dilengkapi dengan teknologi informasi yang canggih. Perpustakaan yang tidak merubah dirinya akan ditinggalkan oleh pembacanya bahkan  oleh perpustakaan lain yang lebih maju. Program kerja Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) Jawa Timur bertujuan untuk pemberdayaan organisasi forum perpustakaan dalam mendukung tuntutan penddikan tinggi  dalam pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan tuntutan perubahan pada era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Untuk itu FPPTI Jawa Timur berupaya melaksanakan kegiatan agar dapat meningkatkan kinerja Pustakawan dan perpustakaan seperti konsorsium E-Journal dan E-Book, magang di perpustakaaan, sharing best practice librarian knowledge, agar dapat membuka wawasan dan pola pikir perpustakaan dalam mengelola perpustakaan kearah  lebih modern dan tepat guna . Oleh karena itu perlu adanya benchmarking  ke perpustakaan yang sudah lebih maju untuk mengetahui managerial perpustakaan, koleksi, gedung, system informasi perpustakaan, perpustakaan digital serta keunikan setiap perpustakaan yang akan dikunjungi. Adapun Tujuan dari Benchmarking tersebut adalah Memberikan wawasan kepada para pengelola perpustakaan Perguruan Tinggi dalam melaksanakan dengan rangkaian kegiatan benchmarking di National Library Board (NLB) Singapore , Singapore Management University (SMU), Nanyang Technological University (NTU) Library perihal:

  1. Diskusi tentang profesi kepustakawanan
  2. Manajemen Perpustakaan
  3. Resources perpustakaan (koleksi, layanan, infrastruktur layanan, desisgn dan interior perustakaan)
  4. Teknologi Informasi Perpustakaan
  5. Struktur Organisasi Perpustakaan
  6. Pemanfaatan database online

Tema dari kegiatan tersebut adalah“Pemanfaatan Teknologi informasi dan Desain  Perpustakaan Perguruuan Tinggi Terkini” yang dilaksanakan pada tanggal 18- 21 November 2018.