Partisipasi Tenaga Perpustakaan dalam Rakornas Perpusnas 2022

Kamis, 31 Maret 2022 - 09:21:40 WIB || Dibaca: 126 kali

Badan Perpustakaan berpartisipasi dalam  Rapat Koordinasi Nasional Bidang Perpustakaan tahun 2022 dengan Tema Transformasi Perpustakaan Untuk Mewujudkan Ekosistem Digital Nasional" dengan mengikut sertakan 2 (dua) tenaga perpustakaan dalam hal ini diwakili oleh Sdr. Bambang Agustono, S.H., M.H dan Sdr. D, Ketut Mahendranata, S.E. 

Rapat Koordinasi Nasional Bidang Perpustakaan (Rakornas Bidang Perpustakaan) tahun 2022 merupakan satu upaya dalam melaksanakan konsolidasi dan koordinasi antar pemangku kepentingan di bidang perpustakaan untuk mencapai tujuan dan sasaran yang terdapat dalam Renstra Perpustakaan Nasional 2020 – 2024 serta mendukung proses perencanaan partisipatif yang melibatkan seluruh jajaran pemangku kepentingan di bidang perpustakaan, dengan mekanisme bottom up dan top down planning, di samping itu Rakornas Bidang Perpustakaan sebagai wadah konsolidasi, integrasi, harmonisasi, sinkronisasi dalam rangka penguatan dan penajaman program dan kegiatan dalam upaya membangun interaksi atau interdependensi antara para pemangku kepentingan dengan Perpustakaan Nasional sehingga dapat meningkatkan kinerja lembaga dalam menjawab tantangan dan kebutuhan organisasi dan masyarakat.

Rakornas Bidang Perpustakaan Tahun 2022 difokuskan pada upaya Perpustakaan Nasional memperkuat transformasi perpustakaan digital. Perpustakaan dituntut untuk memiliki capacity building (pembangunan kapasitas), design dan interactivity (rancangan dan interaktivitas), dan mindset chage (perubahan pola pikir). Menghadapi era revolusi industri 4.0 dan memasuki perubahan iklim informasi era digital seperti saat ini, perpustakaan harus membuka peluang untuk bersinergi dengan perubahan. Perpustakaan merupakan leading sector dalam peningkatan transformasi perpustakaan bagi terwujudnya ekosistem digital nasonal. Untuk itu dalam memperkuat hal tersebut diperlukan sinergi dan dukungan seluruh stakeholder baik di pusat maupun di daerah, agar ekosistem digital dapat segera diwujudkan.

Sumber : Link


Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya || Katalog Ulisys Untag Surabaya