Beberapa Tipe Pemustaka yang Berkunjung ke Perpustakaan

Sabtu, 03 September 2022 - 16:52:46 WIB || Dibaca: 38 kali

Mengabdi dan bekerja di perpustakaan, lambat laun bisa mengenali berbagai jenis karakter pemustaka yang datang berkunjung ke perpustakaan. Siapa sajakah mereka ?!?

1.  Tipe Rajin

 Tipe ini biasanya datang sebelum perpustakaan buka, dan pulangnya musti diusir ‘halus’ saat perpustakaan tutup. Yang seperti ini biasanya karena lagi ngerjain tugas atau mencari referensi.

2.  Tipe Mendadak Rajin

 Bedanya dengan tipe poin pertama adalah jika tipe rajin adalah yang memang benar-benar rajin ke perpustakaan, sedangkan tipe mendadak rajin ini biasanya datang ke perpustakaan di kala musim tugas yang sudah           mepet deadline, musim ujian maupun remedi. Tipe jenis ini yang paling menyusahkan perpustakaan, mendadak tumpah di perpustakaan demi nilai pelajaran.

3.  Tipe Kutu Buku

Bisa dipastikan tipe ini adalah pemustaka yang hampir tiap hari pinjam buku ke perpustakaan atau pun membaca langsung di perpustakaan.

4.  Tipe Penggembira

 Pemustaka tipe ini biasanya membuat perpustakaan menjadi ramai. Mulai dari tingkah laku sampai celotehannya.

5.  Tipe Numpang Ngadem

 Kebanyakan tipe ini adalah pemustaka yang merupakan anak kos. Pulang sekolah lebih memilih ngadem di perpustakaan daripada pulang ke kosan. Banyak juga yang sehabis olahraga, karena kepanasan habis     berjemur di lapangan, ngadem di perpus menjadi pilihan. Nah, yang tipe begini yang bikin aroma perpustakaan terkontaminasi x))

6.   Tipe Numpang Wifi

 Seiring berkembangnya zaman, perpustakaan musti dilengkapi dengan hal-hal yang berbau teknologi. Salah satunya adalah sarana pengadaan wi-fi yang sangat membantu pemustaka dalam pencarian referensi dalam  mengerjakan tugas. Apalagi anak kos, wifi gratisan di perpustakaan tentu lebih hemat daripada mencari wifi gratisan di kafe yang minimal harus membeli makanan atau minuman paling murah sekalipun


Sumber  :   Link


Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya || Katalog Ulisys Untag Surabaya