PARTISIPASI TENAGA PERPUSTAKAAN DALAM KEGIATAN RAKER TERKAIT HARMONISASI DAN SINERGI TERKAIT SASARAN MUTU TAHUN 2023

Minggu, 23 Oktober 2022 - 14:11:48 WIB || Dibaca: 42 kali

Enam tenaga perpustakaan di jajaran struktural, termasuk Kepala Badan Perpustakaan mengikuti Rapat kerja (RAKER)    Rapat Kerja Akademik dan Non Akademik  yang di selenggarakan  Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya,  kegiatan ini guna membahas capaian pada tahun 2022 dan target kinerja pada 2023. Bergabung dengan Peserta yang merupakan 150 pejabat struktural di lingkungan Untag Surabaya yang terdiri 86 orang pejabat bidang akademik dan 64 orang pejabat bidang administrasi. Bertempat di Ballroom Bima Hotel Aston Madiun, rapat kerja digelar selama dua hari, Jumat-Sabtu, (14-15/10).

Rapat ini juga dihadiri secara langsung oleh Bupati Madiun - H. Ahmad Dawami Ragil Saputro, S.Sos. yang akrab di sapa dengan Kaji Mbing ini bersyukur atas terselenggaranya sinergi antara Untag Surabaya dengan Pemerintah Kabupaten Madiun. “Untag Surabaya sudah menjalin kerjasama dengan Pemkab Madiun di bidang pendidikan. Kami bersyukur bisa didampingi dalam pembangunan Kabupaten Madiun,” katanya. Menurutnya, perguruan tinggi berperan melahirkan SDM unggul di berbagai sektor. “Perguruan tinggi menghasilkan SDM yang ketika duduk di pemerintahan membawa dampak positif, duduk di swasta punya peran penting dan duduk di sektor apapun punya andil,” terang Alumni Program Studi Administrasi Niaga Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.
Hal senada disampaikan oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Ponorogo - Supriadi, S.Sos., M.Si. bahwa hasil pendampingan Untag Surabaya tepat sasaran pada masyarakat Ponorogo. “Pemkab Ponorogo senantiasa mendukung dan berterima kasih atas support Untag Surabaya apalagi kerja sama sudah dijalin sejak lama. Salah satunya di Desa Plunturan yang didampingi untuk menjadi desa wisata. Artinya perguruan tinggi berperan mendorong perkembangan Ponorogo,” tuturnya.
Berkesempatan untuk membuka rapat kerja, Rektor Untag Surabaya - Prof. Dr. Mulyanto Nugroho, M.M., CMA., CPA. mengapresiasi kinerja seluruh unit di lingkungan Untag Surabaya. “Tahun ini jumlah mahasiswa baru kita ada 3.923, angka terbesar setelah 2018. Ini berkat kerja keras dan sinergi kita selama ini,” ungkapnya. Prof. Nugroho mengajak seluruh pejabat struktural untuk terus tetap semangat dalam bekerja keras dan konsisten. “Di tahun 2023 kita menggunakan standar Lembaga Akreditasi Mandiri dan Indikator Kinerja Utama yang tertuang dalam kontrak kinerja. Kita harus terus bekerja keras dan semangat mencapai seluruh target demi prestasi yang lebih baik lagi ke depan,” tegasnya.
Sementara itu, Ketua YPTA Surabaya - J. Subekti, SH, M.M. menyoroti kualitas SDM yang harus berdampingan dan diimbangi dengan cakap teknologi. “Jangan terbuai dengan teknologi, secanggih apapun tools dan equipment yang ada, kalau SDM tidak terampil dan capable, maka teknologi tidak punya arti,” ujarnya. Subekti juga menyebutkan bahwa timnya menerapkan kebijakan berorientasi SDM. “Kondisi perkembangan saat ini menuntut untuk kerja cerdas, tegas dan ikhlas. Kami (YPTA) mendorong SDM untuk meningkatkan kompetensi dengan mengikuti course atau training (pelatihan) yang sesuai bidangnya dan akan dibiayai,” jelasnya.
Ketua Panitia Rapat Kerja Untag Surabaya - Harjo Seputro, S.T., M.T. mengatakan bahwa pemilihan Kabupaten Madiun sebagai lokasi rapat kerja karena kuantitas mahasiswa asal Madiun. “Ada 532 mahasiswa asal Madiun dan ini sudah mewakili 3,8% student body kita. Apalagi kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat di Madiun ada 179 kegiatan,” sebutnya. Harjo berharap, rapat kerja ini dapat membawa harmonisasi dan sinergi dalam kinerja tahun 2022/2023. “Tujuan diadakan raker ini adalah menciptakan harmonisasi dan sinergi terkait Sasaran Mutu tahun 2023, kontrak kerja yang diharmonisasinya dengan merencanakan peningkatan kualitas SDM, akademik, dan anggaran,” tutupnya.
Rapat kerja dilanjutkan dengan beragam pemaparan pada Sabtu, (15/10). Di antaranya adalah Sosialisasi PPKS di lingkungan Untag Surabaya, Sosialisasi Buku Pedoman Administrasi Akademik, Pemaparan Program Kerja Akademik dan Pemaparan Program MBKM. Peserta juga menerima Pemaparan Peningkatan Pelayanan Mutu dan Pengarahan Penyusunan RBA serta Pemaparan Kontrak Kinerja. Di akhir rapat kerja turut ditandatangani Kontrak Kinerja Tahun 2022/2023 oleh Dekan, Ketua Program Studi, Kepala Badan, Kepala Biro dan Kepala Unit. 

Sumber : Link

 

 


Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya || Katalog Ulisys Untag Surabaya