Bimtek Literasi Informasi Tenaga Perpustaakaan

Selasa, 22 November 2022 - 07:19:38 WIB || Dibaca: 20 kali

Pusat Pembinaan Pustakawan Perpustakaan Nasional RI bekerja sama dengan Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) menggelar Bimbingan Teknis Nasional secara daring pada Rabu – Kamis, 14 – 15 November 2022. Bimtek bertema “Implementasi Literasi Informasi Berbasis TI untuk Mendukung Ekosistem Digital Pendidikan Perguran Tinggi” tersebut diikuti  pustakawan dan tenaga perpustakaan dari sejumlah perguruan tinggi di berbagai daerah. Terkait  Bimtek tersebut perpustakaan untag mengikutsertakan 2 pustakawan dan 1 tenaga perpustakaan yaitu 1. Mawaddah AnindyaMawadah Anindya, 2. Selviyana Angelinai dan 3. Dewa Ketut Mahendranata 

visi FPPTI adalah menjadi wadah kerja sama perpustakaan perguruan tinggi yang berkarakter, unggul, berintegritas, terpercaya dan mempunyai reputasi di tingkat nasional, regional dan internasional.

Sebagai salah satu bentuk perwujudan visi tersebut, lanjut Mesakh, FPPTI bekerja sama dengan Perpusnas RI menyelenggarakan kegiatan bimtek nasional ini. “Dengan harapan bahwa pustakawan dan tenaga perpustakaan perguruan tinggi mampu mengaplikasikan keterampilan literasi informasi dalam ekosistem digital pendidikan perguruan tinggi serta meningkatkan peran dalam ekosistem kerjanya.

Sementara itu Kepala Pusat Pembinaan Pustakawan Perpustakaan Nasional RI, Dr. Opong Sumiati mengatakan bahwa perpustakaan merupakan sarana belajar sepanjang hayat dimana semua orang bisa menjadikannya sebagai tempat berdiskusi, menuangkan ide dan gagasan, serta bertukar pikiran untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Untuk mendukung semua itu, maka diperlukan pustakawan dan tenaga perpustakaan yang berkualitas.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa situasi dunia yang semakin maju ini membawa juga banyak perubahan dalam pola dan praktik-praktik kehidupan, salah satunya terkait dengan kegiatan belajar mengajar. Saat ini pembelajaran dilakukan secara online (dalam jaringan).

“Pustakawan dan tenaga perpustakaan yang bekerja di institusi pendidikan khususnya perguruan tinggi pada dasarnya memiliki peran dalam mendukung kegiatan pembelajaran. Untuk itu diperlukan sebuah pelatihan atau bimbingan teknis bagi pustakawan dan tenaga perpustakaan agar dapat lebih berperan dalam ekosistem pembelajaran saat ini,” tandasnya

Sumber  : Link


Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya || Katalog Ulisys Untag Surabaya