Membaca Cepat : 4 Trik Untuk Belajar Lebih Efisien

Jumat, 16 Desember 2022 - 14:08:03 WIB || Dibaca: 110 kali

MEMBACA CEPAT : 4 TRIK UNTUK BELAJAR LEBIH EFISIEN

 

Usia anak-anak biasanya belajar membaca adalah antara 5 dan 7 tahun, tetapi itu hanya ketika mereka baru mulai. Tingkat membaca individu akan berkembang dan meningkat seiring waktu, mengembangkan kosakata yang lebih besar dan pemahaman bahasa yang lebih dalam selama bertahun-tahun.

Rata-rata, orang dewasa biasanya membaca lebih dari 200 kata per menit, dibandingkan dengan mahasiswa yang rata-rata membaca sekitar 325 kata per menit. Anda tahu, membaca adalah sesuatu yang dapat Anda kerjakan dan tingkatkan, yang mungkin menjadi kunci sukses bagi siswa yang berada di bawah tekanan ujian dan perlu memanfaatkan waktu mereka sebaik mungkin.

4 area utama
Mencapai cara membaca yang lebih cepat bukan hanya tentang mendapatkan lebih banyak materi lebih cepat, tetapi juga tentang memahami informasi lebih cepat dan lebih baik dari sebelumnya. Jika Anda ingin belajar lebih efisien dengan membaca cepat, empat area yang diuraikan di bawah ini akan membantu Anda mencapainya.

1. Konsentrasi
"Orang-orang berpikir bahwa fokus berarti mengatakan ya pada hal yang harus Anda fokuskan. Tapi bukan itu artinya sama sekali. Fokus berarti mengatakan tidak pada ratusan ide bagus lainnya yang ada. Anda harus memilih dengan hati-hati. Saya sebenarnya bangga dengan hal-hal yang belum kami lakukan seperti hal-hal yang telah saya lakukan. Inovasi adalah mengatakan tidak pada 1.000 hal. " - Steve Jobs

Apa yang dimaksud Jobs? Pada dasarnya, dia mengatakan bahwa konsentrasi adalah kunci untuk membaca cepat, yang berarti mengatakan TIDAK pada ponsel Facebook, Twitter atau segala jenis multi-tasking. Membaca harus menjadi satu-satunya fokus Anda.

 2. Kecepatan

 Beberapa trik untuk membantu Anda membaca lebih cepat:

  1.  Fokus pada kecepatan terlebih dahulu, tingkat pemahaman Anda akan  meningkat dengan latihan 
  2.  Gunakan panduan (jari, pena, dll.) untuk menghindari kehilangan tempat Anda
  3.  Tingkatkan bidang penglihatan Anda Kurangi gerakan mata 
  4.  Jangan membaca keras-keras untuk diri Anda sendiri, ingat otak Anda lebih    cepat daripada lidah Anda 

"Ketika kita membaca, 80% dari waktu kita dihabiskan untuk menggerakkan mata kita dari satu kata ke kata lainnya" - Spiritz

3. Pemahaman
 Jenis bahan bacaan yang berbeda membutuhkan tingkat pemahaman yang berbeda pula. Misalnya, membaca buku Harry Potter tidak sama dengan membaca buku teks kimia Anda. Oleh karena itu, sebelum Anda mulai membaca, Anda harus menilai jenis teks apa yang Anda hadapi dan apa tujuan akhir Anda.

Klik pada Mind Map di bawah ini untuk melihat bagaimana cara menguraikan teks untuk memahaminya sepenuhnya:

    Link Mind Map

4. Menghafal
Kita lupa 50% dari apa yang kita pelajari dalam waktu sekitar satu jam kecuali jika  kita mempraktikkannya atau mengulanginya secara teratur. Jadi  ingat, pengulangan adalah dasar dari pembelajaran, tetapi pertanyaannya adalah  bagaimana cara mencapai pengulangan ini. Untuk ini ada beberapa metode:

  1. Mencatat adalah salah satu bentuk pengulangan yang paling umum dan efektif
  2. Mengajar orang lain akan menunjukkan apakah Anda memahami apa yang telah  Anda baca
  3. Peta Pikiran membantu Anda menempatkan segala sesuatu dalam perspektif sehingga Anda dapat membuat koneksi dan ide-ide baru
  4. Menggunakan mnemonik adalah trik yang bagus untuk menyimpan informasi dengan lebih baik

Giliran Anda!
Jika Anda fokus menguasai 4 area ini, kecepatan membaca Anda pasti akan mengalami peningkatan yang signifikan. Ini berarti Anda akan menghemat ratusan jam belajar dan Anda bahkan akan melihat nilai tes Anda meningkat. Menurut saya, ini sangat berharga! Pemegang rekor dunia untuk membaca cepat membaca sekitar 4700 kata per menit ... Pikirkan Anda bisa mengalahkan itu?

Sumber : Link

 


Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya || Katalog Ulisys Untag Surabaya