Libur Semester Telah Tiba, Perpustakaan Masih Melakukan Banyak Kegiatan

Kamis, 12 Januari 2023 - 11:56:40 WIB || Dibaca: 35 kali

Sesuai dengan kalender akademik Tahun 2022/2023, mengawali tahun 2023 mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 dalam masa Libur Semester Ganjil. Dengan adanya hal ini, maka Badan Perpustakaan UNTAG Surabaya mengalami perubahan pada jam layanan sampai Pukul 14.30 WIB saja. Namun perubahan jam layanan tidak mengurangi kegiatan yang ada di Perpustakaan, mahasiswa masih bisa melakukan kunjungan dan berbagai kegiatan lainnya seperti mengurus Surat Bebas Perpustakaan untuk mahasiswa tingkat akhir, melakukan peminjaman maupun pengembalian buku.

Selain itu, libur semester ini dimanfaatkan oleh Perpustakaan untuk melakukan banyak kegiatan dimulai dari shelving koleksi, pencacahan serta penyiangan pada koleksi yang dimiliki. Kegiatan sudah berlangsung selama satu minggu lebih sejak hari ini, dimulai pada hari Selasa (3/1/2023). Kegiatan pertama yang dilakukan adalah proses shelving koleksi, yaitu proses pekerjaan dalam perpustakaan untuk menyusun buku di rak, dengan peraturan tertentu (Lasa Hs., 1990:72). Dengan arti lain proses shelving adalah menyusun buku atau koleksi baru yang dimiliki oleh perpustakaan di rak yang sudah tersedia dengan menggunakan peraturan atau pedoman tertentu supaya buku atau koleksi tersebut dapat dengan mudah ditemukan kembali.

Kegiatan selanjutnya adalah proses stock opname atau cacah ulang, yang merupakan kegiatan pendataan ulang koleksi mencakup verifikasi lokasi dokumen, pemeriksaan dokumen yang tidak ada di tempat atau hilang, atau sedang dipinjam, serta memeriksa kondisi fisik koleksi. Dalam kegiatan ini pun masih dilakukan oleh Tendik dari perpustakaan yang bersama-sama melakukan pengecekan ulang.

Dalam minggu kedua bulan Januari, kegiatan yang dilakukana adalah penyiangan yang juga biasa disebut weeding, yaitu suatu proses untuk menarik bahan-bahan usang, out of date, atau tidak cocok dari koleksi media perpustakaan  (Dictionary of Information & Library Management, 2006: 223). Dengan arti lain proses penyiangan adalah mnegeluarkan koleksi dari rak-rak buku karena sudah tidak diminati dan tidak ada manfaatnya dalam segi informasi.

Kegiatan penyiangan dilakukan oleh jajaran Tendik di perpustakaan, yang pengerjaannya setiap orang akan diberi tanggung jawab untuk memeriksa tiap rak dengan nomor kalsifikasi yang berbeda.


Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya || Katalog Ulisys Untag Surabaya