Kenali Istilah-Istilah Dalam Membaca Buku, Pecinta Buku Wajib Simak Di Bawah Ini!

Senin, 16 Januari 2023 - 13:27:13 WIB || Dibaca: 43 kali

Kegiatan membaca buku merupakan kegiatan yang bermanfaat dan menyenangkan bagi banyak orang. Dalam kegiatan membaca ternyata banyak istilah-istilah atau sebutan menarik loh bagi para pembacanya. Buat kalian penggemar buku atau yang punya hobi membaca buku, wajib nih simak beberapa istilah dibawah ini!!!

1. Reading Slump

Reading Slump adalah suatu kondisi di mana saat kalian membaca buku, kalian tidak bisa menikmati cerita pada buku tersebut, pikiran kalian kemana-mana, dan kalian merasa tidak bergairah untuk membaca buku seakan kalian kehilangan mood untuk membaca pada saat itu. Kondisi ini adalah salah satu kondisi yang mengerikan bagi para pecinta atau pembaca buku.

Jadi gimana guys, apakah kalian pernah berada di kondisi ini? Jika kita tidak bisa mengatasi kondisi seperti ini, bisa-bisa kita terjebak dalam waktu yang lama nihh.

2. Bibliophile

Bibliofilia atau bibliofilisme dalam Bahasa Inggris artinya adalah penggemar buku. Bisa juga ditujukan untuk seseorang yang mencintai buku, suka membaca buku, mengagumi buku dan mengoleksi buku. Jadi kalian yang termasuk bibliophile suka yang mana nih? Membaca aja, mengagumi atau sampai mengoleksi buku juga?

3. Book-Bosomed

Book-Bosomed adalah orang yang selalu membawa buku ke mana pun ia pergi. Meski tidak selalu dibaca, hal ini dapat memberikan rasa tenang karena mereka bisa membaca buku ketika ada waktu luang seperti ketika menunggu antrian atau berada di tengah kemacetan.

Sering nih kita lihat orang-orang dengan bawaan buku lagi di kereta, bus, atau di tranportasi/kondisi lainnya. apakah kalian termasuk salah satunya? Kalau iya, suka bawa buku kemana aja nihh?

4. Annotate

Annotate dalam kamus artinya membubuhi keterangan. Namun dalam dunia buku dan membaca, annotate atau yang dikenal dengan anotasi merupakan sebuah cara agar kita para pembaca bisa mengingat banyak hal yang terdapat di dalam buku, juga menuliskan kesan ketika kita sedang membaca suatu bagian.

Biasa kita temukan para pembaca melakukan banyak cara dalam melakukan anotasi, seperti menggaris bawahi kalimat penting menggunakan spidol atau stabilo dan menempelkan sticky note atau post it lalu menuliskan kesan mereka ketika membaca adegan tertentu atau menemukan kalimat istimewa.

5. Book Hangover

Book hangover adalah keadaan dimana pembaca masih terjebak dalam dunia buku fiksi yang baru selesai dibaca sehingga mereka tidak bisa membaca buku yang lain. Atau bahasa gampangnya gagal move on. Orang-orang yang menderita book hangover terkadang tidak bisa membedakan mana yang dunia nyata dan dunia fiksi. Biasanya mereka suka menghalu secara berlebihan.

Hayoo siapa disini yang pernah terjebak dalam keadaan seperti ini?? Biasanya pembaca novel romance nih yang sering mengalami.

6. Bookarazi

Pecinta buku pasti sering lihat atau bahkan mengikuti akun media sosial yang sering memotret buku dengan gaya aesthetic, yang biasanya dilengkapi properti bunga, secangkir kopi, kacamata, atau benda lainnya dengan warna selaras. Nah, bookarazi adalah seseorang yang suka memotret buku yang tengah mereka baca dan membagikannya ke media sosial. Dan hingga saat ini sudah banyak loh akun-akun Instagram dengan pengikut ribuan, yang memberikan sentuhan feed foto buku yang begitu cantik.

 

Sumber lengkapnya bisa nih kalian baca istilah-istilah lainnya di link bawah ini :

https://www.idntimes.com/life/inspiration/alwiyah-nabilah/istilah-tentang-buku-c1c2

https://www.gramedia.com/blog/istilah-pecinta-buku-yang-jarang-diketahui/


Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya || Katalog Ulisys Untag Surabaya