PUSDIKLAT Tahun. 2022
Agenda Pusat Pendidikan dan latihan Perpustakaan Nasional adalah sama Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2022 Pusdiklat kembali mengadakan pelatihan kepustakawanan. Pelatihan yang diselenggarakan oleh Pusdiklat pada tahun 2022, terdiri dari 11 pelatihan yang akan dibagi lagi menjadi beberapa angkatan. Sehingga jumlah total pelatihan yang akan diselenggarakan sebanyak 35 pelatihan. Penyelenggaraan pelatihan di tahun 2022, masih dilakukan secara daring. Meksipun ada satu diklat yang menggunakan metode campuran, yaitu TOT
Jadwal pelatihan dapat mengunduh pada tautan https://s.id/JadwalDiklat2022
Berikut nama pelatihan dan mata pelatihannya:
Promosi Perpustakaan berbasis digital
- Pengantar promosi perpustakaan berbasisi digital
- Etika promosi perpustakaan berbasis digital
- Branding untuk perpustakaan
- Copywriting
- Pembuatan konten promosi berbasis digital
- Media sosial sebagai alat promosi perpustakaan
- Blog dan vlog sebagai alat promosi perpustakaan
- CRM pada perpustakaan
- Perancangan program promosi perpustakaan berbasis digital
Layanan Perpustakaan
- Pengantar layanan perpustakan
- Layanan prima perpustakaan
- Layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial
- Komunikasi interpersonal
- Promosi jasa layanan perpustakaan
- Layanan referensi dan literasi informasi
- Kemas ulang informasi
- Kerja sama layanan perpustakaan
- Survey kepuasan pemustaka
Kepala Perpustakaan Sekolah
- Manajemen strategis pengembangan perpustakaan sekolah
- Wawasan pendidikan
- Kepemimpinan kewirausahaan bidang perpustakaan
- Pengembangan koleksi perpustakaan sekolah
- Pengorganisasian informasi
- Layanan, jasa dan sumber informasi
- Teknologi informasi untuk perpustakaan sekolah
- Manajemen pemasaran perpustakaan
- Literasi informasi
- Komunikasi interpersonal
- Pelestarian bahan perpustakaan
- Kompetensi tenaga perpustakaan sekolah dan etika profesi kepustakawanan
- Peningkatan minat dan gemar membaca
Penulisan Karya Ilmiah
- Pengantar karya ilmiah
- Pengembangan profesi kepustakawanan
- Hak atas kekayaan itelektual
- Pemilihan topik
- Teknik penuangan gagasan
- Teknik penyajian kutipan
- Bahasa karya ilmiah
- Kajian informasi
- Penilaian penulisan karya ilmiah
- Praktik penulisan karya ilmiah (makalah/paper)
- Praktik penulisan karya ilmiah (lap. penelitian)
- Praktik penulisan karya ilmiah (artikel jurnal)
- Praktik penulisan karya ilmiah (tulisan populer)
Inpassing
- Jabatan fungsional pustakawan
- Pengantar ilmu perpustakaan
- Pengembangan koleksi
- Pengatalogan deskriptif (AACR2)
- Pengatalogan deskriptif (RDA)
- Pengatalogan Subjek (Tajuk subjek)
- Pengatalogan Subjek (klasifikasi)
- Layanan perpustakaan
- Pemeliharaan dan perawatan bahan perpustakaan
- Pengantar Teknologi informasi perpustakaan
- Promosi perpustakaan
- Prosedur pengusulan DUPAK
Pelestarian Fisik Bahan Perpustakaan
- Pengantar pelestarian fisik bahan perpustakaan
- Analisis kebutuhan pelestarian fisik bahan perpustakaan
- Persiapan menghadapi bencana
- Pemeliharaan dan perawatan karya cetak, karya tulis, dan karya rekam
- Perbaikan bahan perpustakaan
- Pembuatan sarana penyimpanan
- Penjilidan bahan perpustakaan
- Restorasi karya rekam
Pengatalogan Deskriptif Berbasis RDA
- Pengantar RDA
- Elemen dan kategori sumber RDA
- FRBR
- FRAD
- FRSAD
- Metadata bibliografi
- Praktik pengatalogan bahan perpustakaan berbasis RDA
- Praktik pengetalogan bahan perpustakaan berbasis RDA berbasis aplikasi
Pengolahan Bahan Perpustakaan
- Pengantar pengolahan bahan pustaka
- Pengatalogan bahan pustaka buku
- Pengatalogan bahan pustaka non buku
- Klasifikasi
- Kosakata Indeks
- Indomarc
- Perangkat lunak terapan di Perpustakaan
Pelestarian Informasi Bahan Perpustakaan
- Pengantar pelestarian informasi
- HAKI terkait dengan alih media digital bahan perpustakaan
- Evaluasi kebijakan alih media digital bahan perpustakaan
- Alihmedia digital koleksi tertulis dan tercetak
- Alihmedia digital koleksi terekam bentuk film
- Alihmedia digital koleksi suara bentuk pita magnetic
- Alihmedia digital koleksi video bentuk pita magnetic
- Konversi koleksi suara bentuk optical disc
- Konversi koleksi video bentuk optical disc
- Alihmedia digital koleksi 3 dimensi
- Pengemasan informasi koleksi digital (luring dan daring)
- Reprodukasi koleksi digital tertulis, tercetak, dan terekam
- Preservasi digital
Tim Penilai Jabatan Fungsional Pustakawan
- Jabatan fungsional pustakawan
- Kelembagaan tim penilai jabatan fungsional pustakawan
- Mutasi Jabatan fungsional pustakawan
- Kegiatan Pustakawan dan bukti fisik
- Prosedur pengusulan penilaian dan penetapan angka kredit
- Praktik penilaian angka kredit
TOT
- Dasar-dasar pelatihan/diklat berbasis kompetensi
- Pendekatan andragogi
- Pengelolaan kelas
- Model-model pembelajaran interaktif/Metode pembelajaran partisipatif
- Metode pembelajaran
- Media pembelajaran
- Teknik evaluasi pembelajaran
- RBPMP dan RP
- Teknik penyusunan bahan tayang dan bahan ajar pelengkap modul
- LMS di Perpustakaan Nasional Sumber berita : Seperti yang di kutip pada https://pusdiklat.perpusnas.go.id/berita/read/176/pelatihan-yang-diadakan-oleh-pusdiklat-tahun-2022